oleh

“Minimnya Pelayanan Aspirasi Masyarakat Di Buton” Salah Satu Caleg Partai Perindo Gagas Rumah Aspirasi

BUTON, TEROPONGUMAT.COM – Belum maksimalnya pelayanan aspirasi oleh Para legislator selama ini yang menyentuh kebutuhan rakyat kecil di kabupaten buton, La Asri selaku salah satu Calon Anggota Legislatif Kabupaten Buton Dapil Kec. Wolowa-Siotapina-Lasalimu selatan menggagas Rumah ASPIRASI Rakyat atau RUMAH ASRI.

Rumah Aspirasi ini berfungsi sebagai wadah untuk mengumpulkan dan menyerap seluruh aspirasi rakyat lalu aspirasi tersebut dikaji dan dianalisis sehingga tercipta output yang lebih bermutu dan mampu menjawab permasalahan yang dialami oleh rakyat.

Dalam keterangannya, saat dihubungi teropongumat.com, mengungkapkan perihal pentingnya pembentukan Rumah Aspirasi di Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara, yakni hendak mengawal visi pemerintah daerah kabupaten Buton serta mengarahkan orientasi pembangunan daerah yang adil, sejahtera lahir dan bathin.

Ini bukan sekedar gerakan seremonial, tetapi ada target kedepannya yang harus dicapai. Harus ada upaya yang terencana sistematis dan terukur guna mewujudkan Buton yang Adil, Sejahtera Lahir dan Bathin. Tentunya Untuk mewujudkan hal itu, kita perlu melakukan langka-langka strategis mulai dari mewujudkan kultur pembangunan buton yang religius dan berbudaya, hingga membentuk masyarakat yang cerdas dan mandiri. ungkap La Asri, 30/11/18.

Selain itu, kata Mantan Ketua Umum HMI Cabang Kendari ini, Konsep kegiatan Rumah ASRI tersebut nantinya akan melakukan pengumpulan data-data permasalahan yang dialami masyarakat diberbagai sektor. Seperti sector Pertanian yang menyentuh persoalan yang dialami petani. Sektor Perikanan yang bersentuhan dengan kebutuhan dan keluhan para nelayan. Sektor agama dan budaya yang menyentuh persoalan para toko adat (perangkat adat) dan perangkat mesjid, dan lain-lain.

Semua ini, lanjutnya La Asri akan menyentuh aspek infrastuktur maupun suprastrukturnya. Kemudian permasalahn tersebut akan dilakukan pengkajian secara profesional guna menemukan solusi yang tepat. Sehingga nantinya akan dihasilkan output usulan apakah usulan tersebut berbentuk regulasi (peraturan daerah) , budget (anggaran) atau bahkan bisa dua-duanya? Nantinya Rumah ASRI ini akan melakukan pengusulan dalam bentuk Proposal untuk dibahas di sidang paripurna Dewan baik dalam bentuk pembahasan legilsasi ataupun pembahasan anggaran. tambahnya

Kita Membentuk Rumah Aspirasi ini salah satu agenda utamanya ialah untuk melakukan pengumpulan data-data hingga melakukan pengkajian untuk menemukan akar permasalahan yang dialami oleh rakyat. Selama ini setiap sidang paripurna di DPRD Buton, para legislator tidak memiliki data pembanding yang akurat dengan pihak eksekutif. Sehingga persidangan hanya bersifat seremonial aja. Artinya permasalahan mendasar yang dialami oleh rakyat tidak tersampaikan dengan baik didalam pembahasan anggaran maupun pembahasan legislasi. Ini diakibatkan para legislator tidak pernah mengumpulakn dan menyerap aspirasi yang dikeluhkan oleh rakyat. Sementara rakyat telah menyerahkan mandat sepenuhnya kepada legislator untuk mewakili mereka. Oleh karenanya bagi saya RUMAH ASRI ini akan bekerja lebih riil dan lebih solutif. Bagaimana mengumpulkan seluruh aspirasi rakyat, kemudian mengkaji dan merumuskan solusi yang tepat untuk disikapi secara cepat dan tepat. Intinya Buton ini kita mau jadikan seperti apa. Apakah dibiarkan semrawut atau diarahkan untuk mencapai visi yang telah ditetapkan, Tuturnya

Reporter, Rahim K Setitit

Baca Juga,  Mengenal Sosok "Pejuang Sosial" Asal Buton

Komentar

Post Terkait,