oleh

Anggota Militer Jepang Tewas Dalam Latihan Gabungan Dengan AS-Filipina

TOKYO, TEROPONGUMAT.COM – Salah satu anggota militer asal Jepang yang tergabung dalam pelatihan militer di Manila – Filipina bersama Amerika Serikat tewas Dalam sebuah Kecelakaan, (07/10/18).

Diketahui menurut juru bicara GSDF, anggota militer Jepang yang tewas tersebut bernama Suguru Maehara, dengan pangkat sersan yang berusia 38 tahun dari Pasukan Bela Diri Darat,

Selain itu Maehara ditugaskan untuk mengirim pasokan makanan kepada anggota yang berpartisipasi dalam latihan tersebut.

“Ini adalah pertama kalinya seorang anggota GSDF meninggal selama latihan di luar negeri,” kata juru bicara itu, sebagaimana yang dilansir AFP.

Baca Juga,  Jokowi Sebut Ekspor AS Ke ASEAN Meningkat 81 Persen

Media setempat melaporkan bahwa Maehara berada di sebuah kendaraan yang dikendarai oleh seorang pria Filipina di dekat pangkalan angkatan laut.

Selain Sarsan Maehara juga terdapat Perwira Jepang lainnya yang berusia 40-an yang berada di kendaraan yang sama terluka dengan tulang rusuk yang patah. Dia dikirim ke rumah sakit bersama Maehara tetapi dilepaskan pada hari yang sama, kata juru bicara GSDF.

Latihan dengan nama sandi Kamandag (yang berarti ‘Venom’) tersebut, menandai pertama kalinya kendaraan militer lapis baja Jepang digunakan di tanah asing sejak negara itu mengadopsi konstitusi damai setelah tahun 1945 kekalahannya.

Baca Juga,  11 Jemaah Yahudi Terbunuh, Ribuan Masyarakat Lakukan Aksi Tolak Kedatangan Presiden AS Di Pittsburgh

Latihan 10 hari ini diadakan di sebuah pangkalan angkatan laut Filipina yang menghadap ke Laut Cina Selatan, sekitar 250 kilometer (155 mil) dari Beting Scarborough – sebuah wilayah yang diklaim oleh Manila yang disita oleh China pada tahun 2012.

Jepang juga memiliki sengketa teritorial maritim dengan Beijing di Laut Cina Timur, di mana Cina telah membangun pulau buatan dan memasang fasilitas militer pada mereka.

Militer AS menekankan bahwa latihan Militer tiga Negara ini tidak ditujukan ke China. (Aza)

Komentar

Post Terkait,