oleh

Ketua Umum PB HMI : Tidak Boleh Benturkan Budaya Dengan Agama

 

JAKARTA, TEROPONGUMAT.COM-Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), Zuhad Aji Firmantoro Menilai Sikap Sukmawati telah membuat umat islam di Indonesia tersinggung.

Pasalnya puisi yang dibacakan sukmawati yang berjudul “Ibu Indonesia” dalam Acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018 tersebut menggunakan idiom-idiom agama Islam, seperti syariat, cadar dan adzan.

Meskipun dalam puisi tersebut Sukmawati mengaku tidak bermaksud mengarah pada SARA atau melecehkan Syariat Islam, namun puisi tersebut faktanya telah mengundang Protes dari berbagai pihak khususnya umat islam Indonesia

Yang disayangkan Ketua Umum ialah puisi tersebut justru keluar dari mulut putri pendiri bangsa ini.

Baca Juga,  Ramalan Sosialisme Fukuyama dan Masa depan Indonesia

Zuhad Aji menjelaskan bahwa budaya dan agama itu tidak boleh dibenturkan. Dan tidak boleh dibanding-bandingkan kekurangan dan kelebihannya, karena akan menimbulkan kesalahan fatal.

“Budaya itu ada tempatnya sendiri dan Agama juga ada tempatnya sendiri,” jelas dia

Walaupun Ketua Umum PB HMI secara pribadinya juga tersinggung atas pernyataan dalam puisi tersebut, Namun dirinya meminta Sukmawati untuk mengaku khilaf atau salah atas pernyataannya dalam puisi tersebut, serta menyampaikan permohonan maaf secara terbuka kepada seluruh umat Islam

Baca Juga,  Indonesia dan Resolusi Konflik Dunia Internasional

“Saya kira lebih elok Sukmawati akui kesalahan dan sampaikan permohonan maaf, supaya kegaduhan tak berlanjut,” kata Zuhad Aji dalam keterangan tertulis, Selasa 3/4, (sumber RadarPena.com)

Namun Demikian, Zuhad Aji juga menghimbau kepada umat Islam di Indonesia agar tidak terprovokasi dan menanggapi dengan hal yang berlebihan. Mengingat, Indonesia akan menghadapi Pilkada Serentak 2018, Pemilihan Calon Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 mendatang

“Hati-hati, jangan sampai isu ini digoreng dan dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk kepentingannya di tahun politik ini,” pungkasnya (AZA)

Komentar

Post Terkait,